Sabtu, 05 Januari 2013

Cara Sederhana Melatih Fisik

SEMUA jensi olahraga bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi, seringkali segala kesibukan mengikis habis waktu khusus yang sebelumnya ingin Anda gunakan untuk melakukan latihan fisik. Tidak perlu cemas, olahraga tidak harus meluangkan waktu khusus atau tidak harus ke gym. Studi-studi akhir-akhir ini menyatakan, gerakan ringan yang dilakukan paling tidak 30 menit sehari bisa memperbaiki kesehatan dan menurunkan risiko mengalami penyakit jantung serta penyakit yang mengancam kehidupan lainnya. Anda bisa menggerakkan tubuh dan tetap sehat hanya dengan melakukan beberapa perubahan dalam rutinitas keseharian Anda. Berikut 10 cara sederhana yang bisa membantu Anda menambah latihan fisik. 

1. Naik tangga. Mulailah menghindari eskalator dan berpindah ke tangga, paling tidak sekali sehari. Jika tersedia tangga di kantor atau di rumah, jadikan sebagai sarana olahraga yang menyenangkan. Sediakan kertas lebar di dasar tangga dan bubuhkan tanda tangan di atasnya setiap kali Anda menggunakan tangga. Cara ini akan membuat Anda lebih bersemangat. 

2. Hindari tempat parkir yang kosong di dekat pintu masuk. Hilangkan kebiasaan lama memarkir kendaraan tepat di dekat pintu masuk ke ruangan. Parkirlah kendaraan Anda di ujung dengan jarak sekitar 1 mil dari pintu masuk ke ruangan. Dengan begitu, Anda bisa menambah langkah ekstra setiap harinya. 

3. Hindari berkendara jika bisa jalan kaki atau bersepeda. Mengendarai mobil membuat Anda terbebas dari latihan fisik. Karena itu, jika jaraknya tidak terlalu jauh, ada baiknya berjalan kaki atau bersepeda. 

4. Berjalanlah ke supermarket. Segala kemudahan seperti home shopping membuat Anda bisa mendapatkan segala kebutuhan tanpa perlu melangkah dari rumah Anda. Hindari hal ini dan pergilah ke supermarket yang bisa dicapai dengan jalan kaki. 

5. Membersihkan rumah. Pekerjaan di rumah juga termasuk latihan fisik. Daripada melimpahkan segala kerjaan pada pembantu, lebih baik lakukan sendiri untuk menambah gerakan tubuh. Dengan mencuci piring, menyapu dan mengepel lantai, atau menjemur kain, Anda sudah menggerakkan tubuh Anda. Selain itu, cobalah mengkontraksikan dan merelakskan otot-otot perut secara sengaja untuk mengencangkan otot-otot di area tersebut. 

6. Berkebun. Bekerja di kebun seperti memotong rumput, memangkas ranting tanaman, menggali, dan memungut sampah akan memompa darah  ke seluruh bagian tubuh. Selain itu, berkebun merupakan cara terbaik untuk menyalurkan kelebihan energi dan kalori yang tertimbun di dalam tubuh. 

7. Menambah gerak saat menonton TV. Tentunya Anda tidak bisa mendapatkan tubuh ideal hanya dengan menonton TV. Tapi, mulailah memilih posisi duduk daripada berbaring. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa mengayunkan kaki seperti mengayuh sepeda saat duduk atau meregangkan badan. Atau paling tidak jauhkan remot kontrol dari tangan Anda. Dengan begitu, Anda bisa bergerak saat ingin mengganti saluran TV Anda. 

8. Sering-seringlah meregangkan badan. Jika sudah duduk untuk jangka waktu lama, putarlah bahu Anda ke depan atau ke atas, gerakkan leher, regangkan tangan di depan Anda, dan tariklah nafas dalam-dalam. 

9. Bergeraklah. Saat berbicara melalui telepon, berdirilah dan berjalan ke sekeliling. Saat duduk, goyang-goyangkan pulpen atau pensil Anda, kunyahlah permen karet, atau gerakkan kaki ke sekeliling. Hal ini untuk mencegah tubuh bermalas-malasan. Jika malas, rayulah pikiran Anda dengan mengingat manfaat sehat dari olahraga. 

10. Tinggalkan kursi sekali-sekali saat dikantor. Daripada menghabiskan waktu senggang untuk membalas email, lebih baik berjalan ke ujung ruangan atau turun tangga dan mengitari gang di sekitar kantor saat makan siang. Jadwal yang padat bukan berarti Anda harus mengabaikan olahraga. 10 menit jalan kaki saja pun akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar